Bappeda Provinsi Jawa Tengah, berupaya untuk memfasilitasi hasil Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) serta berupaya dalam penyelesaian permasalahan yang ada dimasyarakat.

Penerapan inovasi dan teknologi yang diangkat pada kesempatan kali ini yaitu “FASTPOL” (Fast Pyrolisis Untuk Penanganan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak) sebagai solusi permasalahan sampah yang ada di Indonesia dan sebagai sasaran Uji coba Penerapan Inovasi Teknologi yaitu di Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ceria Kelurahan Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.

Perangkat Teknologi FASTPOL (Fast Pyrolisis untuk Penanganan Sampah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak), hasil pengembangan Inventor KRENOVA, Bapak Budi Trisno Aji dari Kabupaten Banjarnegara.

Dengan inovasi FASTPOL tersebut potensi yang didapat adalah 1 kilogram sampah plasik kering dapat disuling menjadi ± 1 liter BBM. Perangkat ini diharapkan dapat dimanfaatkan optimal mendukung aktivitas ramah lingkungan serta menjadi salah satu solusi permasalahan sampah plastik secara tuntas. Pengolahan sampah jenis ini juga bisa membantu mengurangi emisi karbon dengan meminimalisir kebutuhan energi dari sumber tambang.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto diawali dengan sosialisasi kepada calon pengguna teknologi dalam hal ini yaitu pengelola KSM Ceria. Acara uji coba dan penerapan inovasi tekhnologi ini dihadiri oleh perangkat daerah terkait yaitu Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Bappedalitbang Kabupaten Banyumas, DLH Kabupaten Banyumas, Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas, Forkompincam Purwokerto Barat dan lurah Pasir Kidul.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek dan kunjungan lapangan ke lokasi penerapan Faspol di kawasan KSM Ceria Pasir Kidul, Purwokerto barat, Banyumas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content