Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Bappeda Provinsi Jawa Tengah, telah melaksanakan fasilitasi kegiatan Kick Off Inkubasi Bisnis Teknologi dengan tema “Pengembangan Wirausaha Inovatif melalui Inkubasi Bisnis Teknologi”  pada Rabu, 12 April 2023 di Gedung Jateng Innovation Hub. Acara ini dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari unsur Bappedalitbang Kabupaten/Kota dan Calon Tenant dari Inventor/Inovator Lomba Krenova dan Penjaringan Inovasi Masyarakat yang terpilih dalam fasilitasi Inkubasi Bisnis Teknologi.

Rangkaian acara diawali dengan sambutan pengarahan sekaligus dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi, Agung Koenmarjono, SH. “Lembaga inkubator berperan dalam upaya mendorong komersialisasi dan hilirisasi produk hasil inovasi masyarakat agar menjadi start-up inovasi yang lebih maju, profesional, profitable dan sustainable, hingga akhirnya berdampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat” jelas Pak Agung. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam upaya melahirkan start-up inovasi untuk mengkomersialisasikan dan menghilirisasikan produk inovasinya, Bappeda Provinsi Jawa Tengah memberikan fasilitasi Inkubasi Bisnis Teknologi melalui Lembaga Inkubator Wirausaha Inovasi (INWINOV) BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah. Pada kegiatan tersebut, diberikan kesempatan kepada salah satu Calon Tenant Inwinov 2023, dalam kesempatan ini Tenant Ndhowon asal Kabupaten Wonosobo, untuk menandatangani secara simbolis Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Inkubasi Bisnis Teknologi Tahung Anggaran 2023.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi paparan materi oleh Narasumber Mas Agung Pambudi yang merupakan IT Manager Impala Network dan Hetero Space dengan tema materi “Kunci Utama Dalam Digital Marketing”. Dalam paparannya beliau menjelaskan bahwa digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital yang bertujuan untuk menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien. Beberapa contoh teknik pemasaran digital marketing diantaranya SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Teknik pemasaran digital menjadi sangat penting di era 4.0 karena adanya perubahan pola konsumsi yang mengarah pada penggunaan platform digital, kemajuan teknologi digital yang dapat dimanfaatkan dalam mengumpulkan dan menganalisis data konsumen, komunikasi dan interaksi yang cepat dengan konsumen, pengukuran dan analitik yang akurat, serta fleksibilitas dan skalabilitas dalam mengatur kampanye pemasaran. Dengan demikian, teknik pemasaran digital menjadi kunci untuk beradaptasi dengan perubahan era digital dan mencapai hasil yang optimal dalam strategi pemasaran. Acara dilanjutkan dengan pemaparan petunjuk tekhnis penyelenggaraan inkubasi Tahun 2023 dan perkenalan pendamping tenant. Mekanisme penyelenggaraan inkubasi akan dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content