Bappeda Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Forum Satu Data Jawa Tengah Semester I Tahun 2023. Acara terselenggara di Poncowati Ballroom, Hotel Patra Semarang & Convention, Jalan Sisingamangaraja, Candi Baru, Semarang, pada pukul 09.00-12.00 WIB.

Peserta Forum Satu Data Jawa Tengah antara lain Kepala BPS Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah selaku Pembina Data Statistik, Perangkat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Kepala Bappeda Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah, instansi vertikal di Jawa Tengah, Dinkominfo Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah selaku Walidata, serta Pembina Data Geospasial Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah.

Dipandu moderator, terdapat 3 (tiga) narasumber yang dihadirkan, antara lain: a) Sekretariat SDI Tingkat Pusat (Kementarian PPN/ Bappenas) dengan materi “Pengembangan Ekosistem SDI untuk Peningkatan Kapasitas”, b) Pusat Pengembagnan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) UNDIP dengan materi “Pengembangan Kapasitas Perangkat Daerah dalam Implementasi Informasi Geospasial”, serta c) BPS Jawa Tengah dengan materi “Sinergi Data Geospasial dan Data Statistik dalam Mendukung Akselerasi Pembangunan Daerah”.

Forum Satu Data merupakan media untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan permasalahan terkait penyelenggaraan SDI di tingkat Jawa Tengah.
Data yang berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas (tepat guna, tepat sasaran, adaptif, berkelanjutan, dan progresif). Pembangunan yang berkualitas akan menghasilkan data yang berkualitas pula.

Ketika Satu Data Indonesia dapat terwujud dan terimplementasi dengan baik, SDI akan menjadi Single Source of Truth Pengelolaan Data Pembangunan. Yaitu sebagai satu sumber data terpercaya, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Di akhir acara, dilakukan penyampaian Berita Acara oleh Koordinasi Forum Satu Data Jawa Tengah, yang utamanya berisi mengenai data prioritas tahun 2023

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content