Untuk mendukung pemulihan perekonomian daerah dimana salah satunya melalui sektor  Investasi adalah dengan cara menciptakan iklim investasi yang menarik melalui peningkatan promosi dan layanan perijinan, Bappeda Provinsi Jawa Tengah telah menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Peran Kemitraan Antara Industri Besar dengan UMKM Guna Mendorong Realisasi Investasi di Jawa Tengah”.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong pengembangan UMKM di Jawa Tengah yaitu mengambil kesempatan di perusahaan-perusahaan investor yang masuk ke Jawa tengah melalui kemitraan. Pentingnya para pelaku usaha untuk dapat menjalin kemitraan  dengan UMKM adalah agar bisa saling menguntungkan dalam peningkatan dan kesinambungan pendapatan, usaha, kelompok , skala usaha serta kemampuan usaha dan menjaga eksistensi usaha Mikro Kecil dan Menengah.

FGD dibuka oleh Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Jawa Tengah yaitu Yusmanto, SPi., M.Si dan dimoderatori oleh Erna Widijastuti,STP.,M.Agribus. Hadir juga sebagai narasumber Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah yaitu Ratna Kawuri, SH; Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yaitu Dr. Shanty Oktavilia, SE., M.Si dan Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro yaitu Wahyu Widodo, SE, M.Si, PhD.

FGD ini difokuskan pada peran kemitraan antara perusahaan besar dengan UMKM/IKM dimana perusahaan besar dapat memberikan dukungan kemitraan sehingga dapat meningkatkan realisasi investasi di berbagai sektor usaha di Provinsi Jawa Tengah.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content