Bappeda Provinsi Jawa Tengah menghadirkan sebuah teknologi pembangkit energi terbarukan hibrid angin-surya yaitu Omah Setrum Pintar (Omset Pintar). Omset Pintar merupakan karya Inovator KRENOVA Kabupaten Blora, Bapak Drs. Noer Chanief yang diterapkan di Kabupaten Pekalongan tepatnya di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto. Hal ini merupakan wujud komitmen Bappeda Prov. Jateng dalam penerapan teknologi tepat guna di masyarakat, percepatan pengembangan transisi energi terbarukan yang ramah lingkungan serta serta penguatan edukasi masyarakat mengenai energi terbarukan. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB bertempat di Eco Wisata Mangrove Mulyoasri, Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan.

Turut hadir pada acara yaitu Perangkat Daerah Provinsi Jawa Tengah (Cabang Dinas LHK dan Cabang Dinas ESDM), Unsur Perangkat Daerah terkait di Lingkungkan Pemkab Pekalongan, Forkopimcam Kecamatan Tirto dan Fungsional Perekayasa BRIN CWS Semarang serta Masyarakat yang terdiri dari unsur Tokoh Masyarakat, Unsur Perempuan, Karang Taruna serta Penggiat Wisata Mangrove.

Kepala Desa Mulyorejo, Bapak Samroni, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas perhatian Bappeda Provinsi Jawa Tengah terhadap Desa Mulyorejo. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Drs. Noer Chanief sebagai inovator Omset Pintar yang inovasinya diterapkan di desanya. Omset Pintar dirasa sangat bermanfaat sebagai sumber energi penerangan jalan di Desa Mulyorejo yang menghubungkan jalan utama ke dusun/RW 13 dan Eco Wisata Mangrove Mulyoasri. Beliau menjelaskan bahwa kondisi sebelum adanya Omset Pintar di jalan penghubung tersebut sangat gelap dan mengganggu aktivitas warga pada malam hari. Kondisi ini diperparah dengan jalan dikelilingi banjir rob yang cukup dalam. Hal ini dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan karena kurangnya penerangan. Dengan adanya penerangan jalan yang ditenagai Omset Pintar harapannya kegiatan warga dan wisata dapat berjalan dengan baik dan aman di malam hari.

Selanjutnya Bapak Agung Koenmarjono, SH selaku Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Bappeda Provinsi Jawa Tengah menyampaikan kata sambutannya sekaligus membuka rangkaian kegiatan. Beliau menyampaikan bahwa listrik merupakan salah satu energi yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari terutama di era modern saat ini. Meningkatnya kebutuhan listrik mendorong para ahli untuk fokus dalam eksplorasi sumber energi listrik yang terbarukan, ramah lingkungan, bebas emisi karbon serta murah untuk diterapkan di masyarakat. “Pada pengoperasiannya energi terbarukan hanya butuh biaya yang kecil karena sumber energi yang gratis dari alam. Dalam pengaplikasiannya di awal mungkin akan sedikit mahal, tetapi dalam keberlanjutannya akan murah karena sumber energi yang “gratis” tersebut,” jelas beliau. Beliau menyampaikan dalam upaya mendorong pemanfaatan teknologi berbasis lokal, maka diperkenalkanlah teknologi Omset Pintar, yaitu sebuah solusi green energy hasil inovasi Bapak Drs. Noer Chanief berupa pembangkit listrik energi terbarukan hibrid angin-surya.

Masuk ke dalam rangkaian acara utama dibawakan oleh narasumber sekaligus inovator dari Omset Pintar yaitu Bapak Drs. Noer Chanief. Awal mula ide dalam membuat Omset Pintar ini dari keprihatinan Pak Noer karena banyaknya destinasi wisata Blora yang berada di daerah pegunungan tidak mendapat fasilitas listrik. Menurut Pak Noer, Indonesia sebagai negara tropis memiliki potensi energi surya yang melimpah. Energi surya kemudian dikombinasikan dengan energi angin karena Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki garis pantai beribu-ribu kilometer dengan potensi angin yang cukup tinggi. Di sela-sela paparan, Pak Noer menyampaikan keprihatinannya kepada generasi muda yang kurang mengembangkan energi terbarukan di Indonesia. “Generasi muda kita yang ada di perguruan tinggi kenapa tidak mengembangkan ini (energi terbarukan)? Padahal potensi energinya sangat luar biasa di Indonesia” jelas Pak Noer. Pak Noer berharap karyanya dapat memotivasi dalam pengembangan energi terbarukan yang ramah lingkungan serta murah untuk diterapkan di masyarakat. Pak Noer selalu berpedoman untuk mengabdi kepada rakyat, amanah dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, ketika beliau mendapat penghargaan sebagai Inovator Masyarakat Tingkat Nasional pada tahun 2020 lalu. Tidak lupa juga Pak Noer menjelaskan cara perawatan dan pemeliharaan Omset Pintar kepada perangkat Desa Mulyorejo yang nantinya akan bertanggung jawab dalam pemeliharaan Omset Pintar.

Selanjutnya acara diisi dengan tanya jawab antara narasumber dengan peserta. Peserta kegiatan juga diajak untuk menyaksikan langsung unit Omset Pintar yang terpasang di jalan desa. Nampak antusias seluruh peserta kegiatan yang terlihat berfoto-foto di depan unit Omset Pintar. Pak Noer juga nampak dikerubuti peserta untuk ditanya-tanya soal Omset Pintar lebih lanjut. Perangkat desa kemudian memperagakan cara kerja unit omset pintar. Dengan scenario menutup sensor cahaya, lampu sepanjang jalan akan menyala secara otomatis.

(Kabupaten Pekalongan, 25-07-2022)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content