Dalam rangka mewujudkan sinergitas perencanaan pembangunan di wilayah perbatasan, Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat Tahun 2022.

Rangkaian acara Musrenbang perbatasan dimulai dengan penginputan form evaluasi dan usulan kegiatan dari setiap SKPD masing-masing provinsi. Berdasarkan usulan kegiatan yang telah terkumpul, dilaksanakan koordinasi dan sinkronisasi antara kedua provinsi melalui diskusi kelompok pada tanggal 21 Februari 2022 secara online melalui zoom meeting. Diskusi terbagi menjadi 3 kelompok bidang pembahasan yaitu bidang pemsosbud, bidang infrastruktur, dan bidang ekonomi.

Puncak acara dilaksanakan di Hotel Santika, Kota Pekalongan, pada tanggal 23-25 Februari 2022. Pada puncak acara ini dihasilkan kesepakatan usulan program dan kegiatan kerja sama pembangungan di wilayah perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah Tahun 2022 yang ditandai dengan adanya penandatanganan Berita Acara Kerja Sama. Terdapat 111 usulan rencana kerja/kegiatan untuk tahun anggaran 2023 yang diajukan oleh 26 SKPD Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah.

Selain SKPD dari kedua provinsi, dalam acara ini turut hadir perwakilan dari Pemerintah Kabupaten yang berada pada wilayah perbatasan seperti Kabupaten Banjar, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes, untuk turut memberikan masukkan usulan pembangunan di wilayah perbatasan.

Dengan adanya seluruh rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat pemenuhan pelayanan publik di daerah perbatasan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh : Oki Dias

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-