Ketersediaan data pembangunan yang akurat, valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara cepat dan mudah, sangatlah diperlukan untuk mendukung proses perencanaan pembangunan sehingga pelaksanaan pembangunan lebih terarah dan tepat sasaran. Data membantu pemerintah untuk menetapkan prioritas dalam perencanaan pembangunan sekaligus dapat menetapkan kebijakan-kebijakan yang tepat untuk suatu permasalahan.

Genta Alida (Gerakan Cinta Data yang Akurat, Valid dan Dapat Dipertanggungjawabkan) merupakan istilah terobosan baru Aksi Perubahan sebagai sarana kegiatan pengumpulan data pembangunan di Provinsi Jawa Tengah meliputi Perencanaan Data, Pengumpulan Data, Pemeriksaan Data dan Penyebarluasan Data. Peraturan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia menjadi peraturan dasar yang mempedomani pelaksanaan Aksi Perubahan ini.

Adapun tujuan aksi perubahan ini adalah mewujudkan perencanaan pembangunan yang terarah berbasis data terupdate yang akurat, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga hasil dari pembangunan lebih tepat sasaran dan harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Capaian jangka pendeknya mewujudkan GENTA ALIDA melalui aplikasi e-database Sistem Perencanaan Jawa Tengah dalam rangka pengumpulan (feed back) data secara efektif pada seluruh OPD Provinsi Jawa Tengah dan Bappeda Kabupaten/kota se-Jawa Tengah. 

Target capaian jangka menengahnya mengkoneksikan aplikasi edatabase dengan sistem perencanaan pembangunan Jawa Tengah yang sudah ada yaitu e-planning. Sedangkan target capaian jangka panjangnya Mengintegrasikan aplikasi edatabase yang sudah terkoneksi dengan e-planning dengan portal Satu Data Jawa Tengah/Single Data System (SDS) yang dikelola Dinas Kominfo selaku walidata.

Kegiatan Sosialisasi, pelatihan awal dan launching Genta Alida (Gerakan Cinta Data yang Akurat, Valid dan Dapat Dipertanggungjawabkan) melalui aplikasi e-database Sistem Perencanaan Jawa Tengah telah dilaksanakan melalui daring (zoom meeting) pada hari Senin, 13 September 2021 untuk peserta dari OPD Provinsi Jawa Tengah dan pada hari Selasa, 14 September 2021 untuk peserta Bappeda Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Pasca sosialisasi, pelatihan awal dan launching Genta Alida (Gerakan Cinta Data yang Akurat, Valid dan Dapat Dipertanggungjawabkan) melalui aplikasi e-database Sistem Perencanaan Jawa Tengah diagendakan pelaksanaan monitoring dan evaluasi kepada seluruh OPD Provinsi yang terbagi dalam 3 tahapan yaitu:

  1. Tahap 1 Lingkup ampuan bidang IPW pada tanggal 24 September 2021 (sudah berlangsung);
  2. Tahap 2 Lingkup ampuan bidang Pemsosbud pada tanggal 29 September 2021;
  3. Tahap 3 Lingkup ampuan bidang Perekonomian pada tanggal 30 September 2021.

Hasil penerapan Alur Genta Alida melalui Aplikasi e-Database Sistem Perencanaan di Provinsi Jawa Tengah adalah tercapai 100% roadmap/milestone 7 (tujuh) rencana kegiatan tahapan jangka pendek dan terlaksananya satu kegiatan baru yaitu rapat koordinasi dengan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah (Bidang Statistik), dimana terkoordinasinya dengan pihak kominfo terkait integrasi dengan portal Satu Data Jawa Tengah ini merupakan tahapan pertama pada jangka panjang, sebagaimana tertuang dalam alur genta alida bahwa Penyebarluasan Data oleh walidata (Kominfo) melalui Portal Satu Data Jawa Tengah yang nantinya Portal Satu Data Jawa Tengah terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia. Selain itu, efek positif Genta Alida ini adalah untuk menghindari duplikasi data atau tercipta Single Source of Truth perlu kolaborasi dan sinergi berbagai instansi dalam penyelenggaraan SDI guna mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-