SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar ajang KompetisiInovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021. Lomba antar instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota ini, bertujuan untuk menstimulus kualitas pelayanan publik, menciptakan budaya inovasi dalam Pemerintahan sehingga dapat mewujudkan Good Governance dalam sektor Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

Proses penilaian penentuan pemenang penghargaan tersebut melibatkan tim penilai dari berbagai Instansi, Akademisi, dan Tokoh/ Pakar Inovasi Daerah. Tahapan penilaian yang sangat ketat, berlangsung dari pengiriman proposal dan tahapan presentasi inovasi yang dilaksanakan secara virtual. Penilaian tersebut meliputi kualitas proposal, pengukuran kebutuhan dan kualitas inovasi, presentasi, dan validasi serta penghargaan.

Melalui Inovasi Pusat Informasi Inovasi Daerah Jawa Tengah (PINDAH Jateng) yang diusung oleh Bidang Inovasi dan Teknologi, BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah mendapat penghargaan “Top 10 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021”

Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 3 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Inovasi Daerah, diharapkan kedepan sistem ini dapat menjadikan acuan dasar dalam pengembangan inovasi, identifikasi data inovasi pemerintahan dan masyarakat. Tujuan utama PINDAH Jateng adalah implementasi di setiap Kabupaten dan Kota sebagai dorongan/ intervensi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terhadap optimalisasi satu data inovasi Jawa Tengah.

Nantinya inovasi Top 10 KIPP tahun 2021 ini akan dicoaching dalam persiapan substansi dan perbaikan teknis inovasi untuk diikutkan kompetisi inovasi di tingkat Nasional. Dalam kompetisi TOP 45 Inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh KEMENPANRB ini Inovasi harus memenuhi 5 kriteria. Memiliki kebaharuan, efektif, bermanfaat, dapat direplikasi atau transfer, dan berkelanj utan.

Penerimaan penghargaan ini diadakan di Ballroom Hotel Gumaya Semarang dan diterima oleh Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Agung Koenmarjono, SH mewakili Kepala BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Rabu (1/12/2021)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-