Bertempat di Lor In Solo Hotel Bappeda Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan  Workshop Penguatan Lembaga Inkubator Bisnis Teknologi di Jawa Tengah  Tahun 2022 yang diikuti oleh sekitar 60 Orang Peserta dari Unsur Bappeda/Litbang dan Lembaga Inkubator Bisnis di Jawa Tengah. Acara dibuka oleh Agung Koenmarjono, SH Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan menyampaikan bahwa Lembaga inkubator bisnis teknologi berperan sangat penting bagi start up atau perusahaan rintisan. Pada umumnya, perusahaan pemula sangat rentan terhadap kegagalan atau kebangkrutan terutama di fase awal pendirian. Situasi ini sering disebut sebagai periode valley of death (lembah kematian), yaitu periode berhenti beroperasinya start up  sebelum mencapai kesuksesan komersial.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya Workshop ini adalah dalam rangka memperkuat kelembagaan Inkubator, serta meningkatkan kualitas pengelolaan dan pengembangan Inkubator di Jawa Tengah. Dengan Output yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu Meningkatnya kualitas manajemen pengelolaan Inkubator, Meningkatnya kualitas pelayanan Inkubasi terhadap tenant, Konektivitas antar Lembaga Inkubator dan antara Pemerintah, Dunia Usaha dan Lembaga Inkubator.

Pada kesempatan kali ini hadir secara Virtual sebagai Narasumber yaitu Ir. Siti Azizah, MBA, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Materi Paparan Kebijakan dan Program Pengembangan Lembaga Inkubator Bisnis di Indonesia;

Narasumber berikutnya yaitu Prof. Dr. Ir. Hadikaria Purwadaria, IPm Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) dengan Materi Paparan Peran dan Program Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia dalam percepatan pengembangan kewirausahaan di Indonesia; dan ditutup dengan paparan oleh Idris, SE, M.Si (Ketua Klinik Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis UNDIP Semarang) dengan Materi Paparan Sharing dan Best Practice Pengelolaan Inkubator Bisnis dan Pendampingan startup.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat dapat memperkuat lembaga inkubator serta dapat meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan dan pengembangan Inkubator di Jawa Tengah, sehingga lembaga-lembaga inkubator diharapkan semakin maju dan profesional dalam menjalankan peran dan fungsinya. 

Download Materi

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-