Senin, 29 Juli 2019 bertempat di Gedung Badan Pusat Pengembangan Teknologi, Jakarta, diselenggarakan penilaian 8 (delapan) besar calon penerima Anugerah Iptek kategori Budhipura  yaitu Provinsi Jawa Tengah, Bali, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan. 

Sebagai bagian dari proses penjurian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Kepala BAPPEDA Prov. Jateng Prasetyo Aribowo memberikan paparan Sistem Inovasi Daerah di Jawa Tengah. Tahap penjaringan dan penyaringan awal dengan menggunakan instrumen/alat ukur Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) yang terdiri dari empat aspek yaitu (1) Penguat, (2) Ekosistem Inovasi, (3) Sumber Daya Manusia, dan (4) Aspek Pasar. Keempat aspek tersebut dibangun oleh berbagai indikator yang mencerminkan kinerja inovasi dan daya saing daerah, tingkat produktivitas, kemajuan, dan kemandirian daerah. Berdasarkan verifikasi data yang diisi secara daring (online) oleh masing-masing daerah disertai dengan penilaian keunggulan dan prestasi pemerintah daerah dari berbagai sumber secara luring (offline).

Apresiasi Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional diberikan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 yang dipusatkan di Bali pada 28 Agustus 2019. Hakteknas tahun ini mengangkat tema: “Iptek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0” dan sub tema: “Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa”.

Anugerah Iptek dan Inovasi kategori Budhipura diberikan kepada Pemerintah Provinsi sebagai apresiasi atas prestasi dalam penguatan sistem inovasi di wilayahnya berupa pembinaan kabupaten dan kota, baik dalam bentuk kebijakan, fasilitasi sumber daya, maupun penciptaan iklim kondusif bagi pengembangan dan penguatan inovasi pada kabupaten dan kota, sehingga dapat dihasilkan inovasi yang memiliki nilai tambah akademis, ekonomi maupun sosial-budaya. sehingga berdampak kepada peningkatan daya saing dan kesejahteraaan masyarakat yang tinggi dan berkelanjutan.

Penyerahan Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional kategori Budhipura kepada para pemenang, nantinya akan diserahkan pada Malam Apresiasi Anugerah Iptek dan Inovasi bersama dengan para pemenang anugerah lainnya yakni: Budhipraja,Widya Padhi, Prayoga Sala, Abyudaya, Adibrata, Labdha Kretya dan Widya Kridha, pada 27 Agustus 2019 di Denpasar, Bali.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *