Maksud dan tujuan diselenggarakannya Sosialisasi ini adalah dalam rangka meningkatkan kreativitas dan fasilitasi hasil-hasil inovasi masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan di Jawa Tengah, serta memberikan penghargaan kepada masyarakat Jawa Tengah, baik secara perorangan ataupun kelompok yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang IPTEKIN, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan dari kegiatan ini adalah:
a) Tersosialisasinya penyelenggaraan Lomba Krenova Tahun 2019 kepada 35 Kabupaten/Kota, OPD Provinsi terkait, Perguruan Tinggi dan Masyarakat Jawa Tengah.
b) Penyelenggaraan lomba Krenova diharapkan dapat menggelorakan semangat kreasi dan inovasi di kalangan masyarakat Jawa Tengah.
c) Meningkatnya hasil kreativitas dan inovasi masyarakat berupa temuan-temuan inovasi dan teknologi yang bermanfaat dan mudah diterapkan untuk menjawab kebutuhan teknologi dimasyarakat.

Dalam Sosialisasi ini kami mengundang peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari unsur:
• Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Tengah;
• Bappeda dan Balitbang Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, dan;
• LPPM Perguruan Tinggi di Jawa Tengah.

Narasumber untuk acara ini adalah:
a) Aries Setyarto, S.sos, MAP (Kasubdit Material Maju dan Bahan Baku, Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Kemenristekdikti) dengan materi paparan Dukungan Program-program Kemenristekdikti untuk percepatan komersialisasi para Inventor/ Inovator
b) Kepala Bidang Kelitbangan Iptekin Bappeda Prov Jateng dengan materi paparan Sosialisasi Panduan Krenova Tahun 2019
c) Dr. Sri Yuwanti, MA, M.PD (STIEPARI Semarang) dengan materi paparan Aspek dan Instrumen Penilaian Lomba Krenova
d) Mustafa, ST., MM., M.Kom (Direktur IKITAS Semarang) dengan materi paparan Pengembangan Sistem Krenova Jateng: Mekanisme Pendaftaran Online dan Polling Krenova Tahun 2019
Sedangkan untuk Moderator adalah Marjoko, ST,MBA, MSc. (SUARA MERDEKA)

Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) Tahun 2019 dengan memberikan penghargaan kepada 30 inventor/inovator terbaik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (Iptekin), meliputi 10 pemenang utama, 10 pemenang harapan dan 10 pemenang favorit. Jumlah keseluruhan proposal yang masuk dalam Lomba KRENOVA Tahun 2019 ini sebanyak 169 usulan temuan/ inovasi dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Dari 169 proposal yang masuk tersebut, telah dilakukan penilaian dan seleksi oleh Tim Penilai/Dewan Juri pada tanggal 23-25 April 2019 untuk menentukan 30 nominator terbaik. (Terlampir). Peserta yang masuk 30 nominator tersebut telah mengikuti Seleksi Tahap Presentasi di depan Tim Juri pada tanggal 13-15 Mei 2019 guna menentukan 10 pemenang utama dan 10 pemenang harapan. (hasil Seleksi Terlampir).

Juri Akan melakukan kunjungan lapangan terhadap salah satu Pemenang Utama yakni : Inovasi Bioreaktor Kapal Selam Mengoptimalkan Produktivitas Pertanian Terpadu di Pedesaan dari Kabupaten Pati yang direncanakan pada tanggal 21 Mei 2019.

Tim Penilai Lomba Krenova Tahun 2019, yaitu:
a. Prof. Dr. Saratri Wilonoyudho, M.Si (Dewan Riset Daerah Jawa Tengah);
b. Dra. Sri Yuwanti, MA, MPD (STIEPARI Semarang);
c. Marjoko, ST, MBA, MSc (Suara Merdeka);
d. Benita Eka Arijani (Kadin Jawa Tengah);
e. Mustafa, ST, MM (Ikitas Semarang).

Selanjutnya untuk, pemilihan Pemenang Favorit oleh masyarakat, akan dilakukan dengan sistem Polling/Votting melalui website http://krenova.bappeda.jatengprov.go.id/polling terhadap 30 Nominator hasil seleksi substansi untuk menentukan 10 (sepuluh) pemenang favorit.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *