RADARSEMARANG.ID, DALAM berbagai kesempatan presiden mengingatkan akan pentingnya pembangunan SDM sebagai investasi jangka panjang bagi pembangunan bangsa. SDM merupakan modal terbesar dan terkuat yang harus dimiliki untuk mewujudkan Indonesia maju.

Salah satu ukuran keberhasilan suatu pembangunan adalah terjadinya peningkatan kualitas manusia. Dimana manusia sebagai obyek pembangunan diharapkan semakin mampu menikmati hidup lebih lama dan sehat (a long and healthy life), lebih berpendidikan dan terampil (knowledge), dan memiliki pendapatan yang cukup dan layak untuk memenuhi kebutuhan dasarnya (decent standard of living), seperti: pemenuhan gizi, sandang, papan dan lingkungan tempat tinggal yang baik.

Selama ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi ukuran tingkat dan perkembangan keberhasilan pembangunan kualitas hidup penduduk di suatu wilayah pada kurun waktu tertentu. Nilai IPM mampu dibandingkan dengan wilayah lain, sehingga dapat digunakan untuk membandingkan tingkat keberhasilan pembangunan SDM-nya. Disamping itu IPM juga menjadi salah satu indikator dalam menghitung dana alokasi umum (DAU).

Oleh : Tri Karjono

Tasropi, 20 Maret 2020

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *