Brebes – Dalam rangka meningkatkan kapasitas inovasi dan implementasi teknologi, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Kegiatan Perekayasaan Inovasi dan Teknologi “Rekayasa Teknologi Sistem Pengasap Ikan (SIPEKAN)” pada tanggal 28 April 2021 di Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta kegiatan sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri dari Ketua-Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) atau unsur UKM dan Karang taruna, 2 (dua) Perangkat Desa/Kadus Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, serta 1 (satu) orang dari BAPERLITBANGDA Kab. Brebes dan dengan narasumber dari Inventor Rekayasa Teknologi Sistem Pengasap Ikan (SIPEKAN) Bapak Mx. Agus Hariyanto.

Kepala Desa Sitanggal, Adi Purwanto menuturkan bahwa pemberian alat SIPEKAN merupakan bantuan yang sangat tepat untuk masyarakat Desa Sitanggal dan berharap produksi pengasapan ikan di Desa Sitanggal semakin meningkat. Hal tersebut dibenarkan oleh Camat Kecamatan Larangan yang menyebutkan bahwa Desa Sitanggal merupakan 1 dari 11 desa di Kecamatan Larangan yang mempunyai potensi besar untuk UMKM pengasapan ikan. Produksi pengasapan ikan Desa Sitanggal sudah banyak dikirim ke luar daerah seperti Jakarta, Semarang, Jogja dan ke beberapa daerah lainnya.

Dalam paparannya, Mx. Agus Hariyanto menjelaskan bahwa SIPEKAN akan membuat terobosan yang baik dan akan membangkitkan gairah baru para pengusaha pengasapan ikan dimana awalnya menghabiskan tenaga dalam membuat bara api dengan waktu yang sangat lama, kini dengan hadirnya SIPEKAN akan menghemat tenaga, juga hasil pengasapan ikan semakin baik dengan menggunakan palet kayu yang tetap mempertahankan kualitas dan aroma ikan yang semakin khas.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh DWP BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah, yang memberikan apresiasi berupa doorprize kepada peserta perempuan yang hadir, dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Oleh : Dian Putri

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-