Bappeda Provinsi Jawa Tengah Mengadakan Forum Satu Data Untuk Penguatan Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Di Jawa Tengah, pada Senin, 16 November 2021.

Forum Satu Data merupakan media untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan permasalahan terkait penyelenggaraan SDI di tingkat Jawa Tengah.
Data yang berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas (tepat guna, tepat sasaran, adaptif, berkelanjutan, dan progresif). Pembangunan yang berkualitas akan menghasilkan data yang berkualitas pula.

Berdasarkan rekap data per tanggal 14 November 2021, dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, sudah 28 Kabupaten/Kota dengan Peraturan Kepala Daerah tentang Satu Data telah disahkan, 4 (empat) Kabupaten dalam proses penyusunan dan 3 (tiga) Kabupaten/Kota belum menyusun.

Kabupaten/Kota yang sedang berproses atau belum melakukan penyusunan Peraturan Kepala Daerah tentang Satu Data tingkat daerah, diminta komitmennya untuk segera menyusun dan menetapkan peraturan tersebut pada tahun ini.

Ketika Satu Data Indonesia dapat terwujud dan terimplementasi dengan baik, SDI akan menjadi Single Source of Truth Pengelolaan Data Pembangunan. Yaitu sebagai satu sumber data terpercaya, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-