Bimtek IDSD 2020 di Bappeda Prov. Jateng secara daring

Bappeda Litbang Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan  Kementerian Riset Teknologi/BRIN mengadakan Bimbingan Teknis Pengukuran IDSD Tahun 2020 pada tanggal 17 Juni 2020 secara daring (conference) dan disiarkan secara live melalui Youtube pada akun Risbang Bappeda Jawa Tengah.  Kegiatan ini diikuti Perwakilan BAPPEDA/BAPPEDALITBANG Seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah. Lebih dari 50 peserta bersemangat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Kegiatan ini diawali dengan Arahan Sambutan oleh Bappeda Litbang diwakili oleh Bapak Tri Yuni Atmojo, ST, M.Si beliau menyampaikan bahwa Pengisian Kuisioner Indeks Daya Saing Daerah ini bukan hanya untuk lomba Budhipura/Budhipraja saja, melainkan punya manfaat dan nilai yang lebih terutama memberikan rekomendasi-rekomendasi kebijakan yang ada ditingkat Kabupaten/Kota. Provinsi Jawa Tengah berharap kegiatan Pengukuran Indeks Daya Saing daerah ini bisa dilakukan secara rutin dan menjadi bagian dari sebuah kajian yang perlu dimasukan dalam perencanaan (RKPD) kegiatan program daerah setiap tahun. Selain anugrah yang dilakukan oleh Kemeristek/BRIN, Jawa tengah juga melakukan anugerah untuk tingkat kabupaten/kota dengan cara yang berbeda dengan tahun sebelumnya

Sambutan dari Kemenristek/BRIN Bapak Muhamad Amin Kepala Sub Direktorat Sistem Informasi dan Desiminasi Inovasi disampaikan bahwa kegiatan ini fokus membahas secara teknis terkait Aplikasi Indeks Daya Saing Daerah. Disampaikan pula bahwa pemetaan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD)  mampu meningkatkan kualitas suatu daerah. Diharapkan dengan adanya pemetaan tersebut, pemerintah daerah khususnya akan dimudahkan dalam meramu kebijakan-kebiajakan ke depan dalam melihat potensi-potensi yang dimiliki daerahnya. 

Selanjutnya Danang R Handoko Kepala seksi Sistem Informasi Inovasi dan Dewirina Zulfianita analisis iptek menjelaskan tentang mekanisme atau tata cara pengisian IDSD dalam aplikasi online sehingga bisa mempersiapkan kelengkapan-kelengkapan data serta memperoleh kesepamahan terhadap data indikator Indeks Daya Saing Daerah Tahun 2020 (DRZ).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-