RAPAT KOORDINASI JARINGAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN INOVASI TH. 2018

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Jaringan Penelitian dan Pengembangan Inovasi (RAKOR JARLITBANGNOV) tahun 2018 pada hari Selasa, 27 Pebruari 2018 bertempat di Wisma Perdamaian Semarang. Tema kegiatan yang dipilih yaitu “Peningkatan Daya Saing Industri Nasional melalui Pemanfaatan Hasil Litbangyasa yang Ramah Lingkungan (Green Product)

Rakor ini dilatar belakangi oleh belum efektifnya sinergitas antara penghasil teknologi dengan pengguna serta sektor swasta terkait agar mengoptimalkan skema pentahelix (akademisi, bisnis, pemerintah dan komunitas/masyarakat dengan dukungan media) guna meningkatkan hilirisasi dan komersilisasi hasil riset khususnya sektor industri.

Sedangkan tema rakor dipilih karena adanya perubahan paradigma konsumen otomotif yang menyukai  produk otomotif dari bahan baku yang lebih ramah lingkungan. Seperti misalnya: limbah kain perca, limbah plastik, sabut kelapa dan serat alam yang diolah menjadi bahan jok mobil/motor, alas dan peredam suara mobil maupun gedung/ruangan. Oleh karena itu, produsen komponen otomotif banyak beralih menggunakan bahan baku limbah dan bahan alami yang ramah lingkungan.

Hadir dalam acara tersebut para pejabat di lingkungan Kemenperin baik eselon 1 maupun eselon 2 nya, antara lain Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional dengan para Direktur;  Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika dengan para Direkturnya; Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri dengan 14 Balai Besar/ Pusat Penelitian yang berlokasi di seluruh Indonesia. Disamping dari Kemenperin juga hadir Direktur Inovasi Industri, Kemenristek dan Dikti. Perusahaan besar ikut berpartisipasi, seperti: PT. Astra Group, PT. Rekadaya Multi Adiprima, PT. Viar Motor, PT. Garam dari Surabaya, para penemu Krenova dan OPD baik Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten/Kota dengan total peserta kurang lebih 250 orang. Rencana Rakor akan dibuka oleh Plt Gubernur Jawa Tengah dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kemenperin RI sebagai keynote speaker.

Bentuk kegiatan terdiri dari Talk Show, Business Matching, dan Pameran. Untuk pameran akan diikuti oleh: Balai Besar Bahan dan Barang Teknik; Balai Besar Pulp dan Kertas; Balai Besar Keramik; Balai Besar Kerajinan dan Batik; Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik; Balai Besar Logam dan Mesin; Balai Besar Kimia dan Kemasan; Balai Besar Teknilogi Pencegahan Pencemaran Industri; Balai Riset dan Standarisasi Industri Palembang; Balai Riset dan Standarisasi Industri Lampung; PT. Rekadaya Group; PT. Astra Otoparts; PT. Viar Motor; PT. Pura Barutama; PT. Evercoss; PT. (Persero) Garam; Pemenang Krenova(Magic Ring, Kopi Biji Salak dan Alat Tangkap pengganti Cantrang); UKM Sabut Kelapa Kebumen dan Cilacap; dan Disperindag Provinsi Jawa Tengah dengan total sebanyak 16 stand.

Tujuan dari Rakor Jarlitbangnov adalah sebagai salah satu media untuk mempertemukan para peneliti baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dengan para pengguna dari industri. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi event rutin tahunan yang merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Kementerian Perindustrian. Output yang diharapkan adalah meningkatkan terjadinya percepatan hilirasi dan komersialisasi hasil penelitian kepada para pengguna dari Industri.

Tindak lanjut yang diharapkan:

  1. Meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dengan Badan Litbang Industri khususnya dalam menyelesaikan permasalahan sesuai kebutuhan daerah dalam rangka mempercepat pengembangan sektor industri dengan memanfaatkan berbagai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dihasilkan.
  2. Membuka kemungkinan adanya peluang kerjasama bagi industri kecil untuk menjadi pemasok bahan baku industri komponen yang ramah lingkungan.
  3. Mendorong industri besar khususnya industri komponen otomotif untuk memperluas usahanya dan bermitra dengan industri kecil di wilayah Jawa Tengah

Klik download untuk unduh materi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *