KEGIATAN DISKUSI PENYUSUNAN RENCANA PEMBANBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD) DAN EVALUASI PENYUSUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DALAM KONTEKS PENILAIAN ANUGERAH PANGRIPTA NUSANTARA TAHUN 2017

Perencanaan yang baik menjadi salah satu penentu keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional maupun daerah. Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah, setiap daerah mempunyai isu, karakteristik dan kapasitas yang berbeda, maka dari itu pembangunan harus dilaksanakan dengan mengedepankan karakteristik daerah, bukan hanya dilaksanakan mengikuti sejarah keberhasilan daerah lainnya. Salah satu langkah untuk meningkatkan mutu rencana pembangunan adalah memberikan penghargaan kepada daerah yang telah berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan secara baik. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas mempersembahkan Anugerah Pangripta Nusantara (APN).    Pemberian penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan dalam rangka mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu yang berdampak langsung pada masyarakat dengan mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebagai indikator kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi secara menyeluruh terhadap proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah kabupaten/kota agar menghasilkan Rencana pembangunan yang lebih baik dan berkesinambungan. 

Maksud dari kegiatan diskusi penyusunan perencanaan pembangunan jangka menengah dan evaluasi penyusunan rencana kerja pemerintah daerah dalam kontek pangripta nusantara ini adalah sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas perencanaan jangka menengah yang merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 (lima) tahun serta merupakan penjabaran Visi, Misi dan program/kegiatan Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijkan, pembangunan daerah dan keuangan daerah. Sekaligus untuk mengukur, menilai, dan mengidentifikasi sampai sejauh mana tingkat kemampuan dan keberhasilan pemerintah daerah dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan agar dapat dihasilkan dokumen rencana pembangunan yang terbaik sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

Narasumber                       : Drs. Sumedi Andono M, Ph.D (Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi dan Pedesaan, DeputiDeputi Kementerian PPN/Bappenas Bidang Pengembangan Regional)

                                             Akhmad Syakir Kurnia, Ph.D (Akademisi Universitas Diponegoro)

>> Download materi <<

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *